Selamat Datang di KFUND

KFUND menetapkan syarat dan ketentuan dalam penggunaan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang merupakan bagian terintegrasi dan tidak terpisahkan dengan Perjanjian KFUND (“Perjanjian”), Para pengguna layanan dengan ini setuju untuk mengikatkan diri dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan (“Syarat dan Ketentuan”) sebelum bertransaksi atau menggunakan layanan KFUND. Anda diharapkan untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan teliti dan seksama sebelum Anda menggunakan Layanan KFUND. KFUND menyarankan Anda untuk mencetak Syarat dan Ketentuan ini sebagai referensi untuk Anda di masa depan.

Dengan mengakses dan atau menggunakan Layanan KFUND, dengan ini Anda menyatakan diri bahwa Anda telah membaca, mengerti dan menyetujui untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan ini, apabila Anda keberatan dan tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan KFUND, maka KFUND menyarankan Anda untuk berhenti dan / atau tidak menggunakan Layanan KFUND.

  1. Definisi
    1. Anda adalah setiap orang atau badan hukum berbentuk perusahaan yang terdaftar melalui Layanan KFUND sebagai Pemberi Pinjaman dan atau Penerima Pinjaman.
    2. Layanan KFUND adalah platform melalui aplikasi yang dioperasikan oleh PT. Kinerja Sukses Gemilang dengan tujuan untuk menyelenggarakan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI), yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.
    3. Informasi Pribadi adalah data pribadi yang diberikan oleh Anda dalam menggunakan Layanan KFUND.
    4. Pemberi Pinjaman adalah Anda yang terdaftar dalam Layanan KFUND yang meminjamkan sejumlah dana kepada Penerima Pinjaman berdasarkan pada aplikasi pendanaan menggunakan Layanan KFUND.
    5. Penerima Pinjaman adalah Anda yang terdaftar dalam Layanan KFUND yang mengajukan permintaan pendanaan melalui Layanan KFUND.
    6. Pinjaman adalah sejumlah dana yang dipinjamkan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman.
    7. Pembayaran adalah transaksi pembayaran atau pelunasan atas pinjaman oleh Penerima Pinjaman.
    8. Transaksi adalah (i) Persetujuan permohonan dana Penerima Pinjaman dengan KFUND selaku kuasa dari Pemberi Pinjaman, (ii) Persetujuan pemberian dana oleh Pemberi Pinjaman dengan KFUND.
    9. Perjanjian adalah setiap perjanjian terkait Transaksi yang mengikat para pihak yang ada dalam Syarat dan Ketentuan ini.
    10. Pihak adalah KFUND, Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman.
  2. Syarat dan Ketentuan umum
    1. Sebelum menggunakan Layanan KFUND, Anda wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui sign up pada aplikasi KFUND.
    2. Pada saat melakukan pendaftaran pertama, Anda diwajibkan untuk memberikan dan melengkapi setiap data/informasi yang dibutuhkan KFUND secara lengkap, benar, dan akurat serta mengunggah gambar dan atau dokumen pendukung.
    3. Anda, dalam hal Pengguna perorangan, diwajibkan berusia minimal 21 tahun dan memiliki kapasitas hukum, tidak berada di bawah perwalian, memiliki hak, kekuasaan, wewenang dan kompetensi yang diperlukan untuk melakukan tindakan hukum.
    4. Anda menyatakan bahwa Anda telah memperoleh izin yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan dari pihak yang memiliki kapasitas seperti suami/istri yang sah, persetujuan perusahaan yang diperlukan berdasarkan dokumen konstitusi/ artikel asosiasi, atau persyararatan lainnya yang ditentukan berdasarkan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia untuk melakukan pendaftaran melalui Layanan KFUND termasuk pendaftaran sebagai Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.
    5. Anda, dalam hal pengguna entitas atau badan hukum, harus didirikan dan tunduk pada hukum yang berlaku di negara tempat badan hukum tersebut didirikan dan hukum yang berlaku di Indonesia, dan memiliki kapasitas hukum, hak, kekuasaan, lisensi, kompetensi dan wewenang yang diperlukan untuk mengambil tindakan hukum untuk menggunakan Layanan KFUND.
    6. Setiap Pengguna yang akan mendaftar telah dianggap sepenuhnya memahami, tanpa terkecuali, semua inforasi, hak dan kewajiban yang berhubungan dengan Layanan KFUND, sebagaimana diatur dalam Perjanjian, Syarat dan Ketentuan KFUND dan / atau dokumen lain terkait dengan Layanan KFUND.
    7. Pengguna yang telah terdaftar dapat berperan sebagai Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman sesuai dengan kriteria dan ketentuan dari KFUND.
    8. KFUND memiliki hak penuh untuk menentukan seluruh biaya dan bunga yang akan dibebankan kepada Anda sehubungan dengan penggunaan layanan KFUND.
    9. Dana yang ditempatkan oleh Pemberi Pinjaman ke Rekening KFUND untuk tujuan fasilitas kredit/ pinjaman akan ditransfer oleh Pemberi Pinjaman dari Rekening Bank Pemberi Pinjaman.
    10. Pelunasan dana akan ditransfer hanya ke Rekening Bank Pemberi Pinjaman dari Escrow Account. Setiap Pengguna dianggap memiliki pengetahuan dan sepenuhnya memahami semua risiko yang berkaitan dengan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).
    11. Pengguna layanan KFUND dengan ini menyetujui, mengakui dan memahami bahwa KFUND tidak memberikan jaminan kepada pengguna tentang ketersediaan pemberi pinjamanyang bersedia memberikan pinjaman berdasarkan permintaan dana dari penerima pinjaman atau pembayaran penuh fasilitas kredit / pinjaman oleh penerima pinjaman.
    12. Seluruh Pinjaman yang akan didanai oleh Pemberi Pinjaman dilindungi oleh asuransi kredit. Perusahaan memiliki hak penuh untuk menunjuk dan bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas asuransi kredit dari waktu ke waktu, Perusahaan memiliki hak penuh untuk mengubah, mengganti, merevisi, membatalkan atau menghapus sebagian maupun keseluruhan dari ketentuan mengenai asuransi kredit, yang akan diinfokan oleh KFUND kepada Anda atas adanya perubahan ketentuan asuransi kredit melalui Layanan KFUND dan/atau melalui sarana yang ditentukan oleh KFUND.
    13. Anda menyetujui dan memberikan kekuasaan dan wewenang penuh kepada KFUND untuk memperoleh, mengakses, mengumpulkan, mengelola, menyimpan, dan menganalisis semua informasi pribadi Anda, termasuk tanpa batasan, semua informasi yang diberikan oleh Anda, informasi yang diperoleh ketika Anda mengakses Layanan KFUND (baik melalui situs web atau aplikasi atau sistem elektronik lainnya), untuk mendaftar, untuk menutup transaksi, kegiatan, layanan dan atau fitur lain yang disediakan dalam Layanan KFUND, termasuk semua informasi secara langsung atau tidak langsung dianggap sebagai informasi pribadi atau data pribadi sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik ("Peraturan Informasi Pribadi"), yang disediakan oleh Anda kepada KFUND terkait dengan Penggunaan Layanan KFUND.
    14. Dana yang digunakan dalam Layanan KFUND adalah dalam mata uang Rupiah.
  3. Hak dan Batas Kewajiban KFUND
    1. Sesuai dengan ketentuan regulasi Otoritas Jasa Keuangan dan perundang-undangan yang berlaku, KFUND hanya bertindak sebagai penyedia, pengelola dan pihak yang mengoperasikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi melalui Layanan KFUND, untuk itu:
      1. KFUND tidak bertanggung jawab atas setiap informasi yang diberikan oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada informasi penggunaan layanan.
      2. KFUND tidak dapat memberikan jaminan apapun kepada Pemberi Pinjaman atas terlunasinya Pinjaman oleh Penerima Pinjaman.
      3. KFUND tidak dapat memberikan jaminan apapun kepada Penerima Pinjaman untuk kepastian tersedianya Pemberi Pinjaman yang bersedia untuk memberikan Pinjaman berdasarkan permohonan pendanaan yang diajukan oleh Penerima Pinjaman.
      4. KFUND memiliki hak penuh untuk menentukan bank dan akun yang digunakan untuk tujuan Akun KFUND atau Escrow Account sehubungan dengan Layanan KFUND.
      5. Setiap penyaluran dana dari Pemberi Pinjaman untuk pinjaman melalui layanan KFUND akan ditransfer ke akun KFUND.
      6. Jumlah dana yang disetorkan ke rekening Bank escrow KFUND harus sesuai dengan nominal yang akan ditentukan oleh system setelah terjadinya perjanjian pinjaman antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman.
      7. Semua pajak yang berasal dari bunga / pendapatan atas pendanaan fasilitas kredit/ pinjaman melalui Layanan KFUND akan ditanggung oleh masing-masing Pengguna. KFUND akan memberikan ringkasan pendapatan yang diperoleh yang dapat dilihat melalui Layanan KFUND. Anda lebih lanjut menyatakan dan menjamin bahwa Anda tidak terlibat dalam pencucian uang, dan atau kegiatan yang dilarang oleh undang undang dan hukum yang berlaku di Indonesia, serta tidak berasal baik secara langsung atau tidak langsung dari sumber ilegal dan atau tindakan kejahatan.
      8. KFUND atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh KFUND memiliki hak untuk memverifikasi data Pengguna, baik secara langsung atau tidak langsung (online atau offline).
      9. KFUND berdasarkan kebijakan dan aturan dapat menyediakan asuransi kredit untuk pendanaan dengan jumlah maksimum 70% dari hutang pokok fasilitas kredit/pinjaman yang didanai oleh Pemberi Pinjaman. Premi asuransi jiwa dan kredit/pinjaman ditanggung oleh Pemberi Pinjaman.
      10. KFUND berhak untuk mengelola semua proses pendanaan, mulai dari permintaan pendanaan untuk fasilitas kredit/ pinjaman hingga proses pendanaan ke Penerima Pinjaman.
      11. KFUND akan memiliki hak untuk mewakili dan bertindak untuk dan atas nama pengguna layanan untuk tujuan pendanaan sebagaimana diatur dalam Perjanjian Layanan KFUND.
      12. KFUND tidak memiliki kapasitas untuk menerbitkan surat utang.
      13. Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) yang dioperasikan melalui Layanan KFUND akan dilakukan melalui perjanjian antara Anda, dan oleh karena itu semua risiko atas pinjaman yang disepakati melalui Layanan KFUND akan sepenuhnya ditanggung oleh masing-masing Anda, baik Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman. Risiko kredit atau default pembayaran akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada otoritas atau instansi pemerintah akan dianggap bertanggung jawab atas risiko default pembayaran ini.
      14. KFUND memiliki hak untuk menolak permohonan pendaftaran akun dari calon Pengguna; menolak / membatalkan permohonan permintaan pendanaan dari Penerima Pinjaman; menolak / membatalkan permohonan kepesertaan calon Pemberi Pinjaman sebagai Pemberi Pinjaman; dan menolak, menunda atau membatalkan suatu transaksi.
      15. Terkait pada ketentuan pada point 14, KFUND akan menginformasikan calon Pengguna, Penerima Pinjaman dan atau Pemberi Pinjaman atas alasan penolakan, penundaan atau pembatalan tersebut kecuali diatur lain oleh ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku.
      16. KFUND berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan data dan atau informasi Anda kecuali ditentukan lain sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia.
      17. KFUND memiliki hak untuk menentukan skema dan ketentuan komersil terkait pendanaan yang ditawarkan kepada Anda namun keputusan atau persetujuan atas ketentuan komersil tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda selaku Pengguna.
      18. KFUND memiliki hak untuk mengubah, memodifikasi, menunda atau menghentikan semua atau setiap bagian dari Layanan KFUND setiap saat, dengan memberitahukan kepada Pengguna melalui aplikasi KFUND, email, atau Situs Web KFUND.
  4. Hak dan Batas Kewajiban Pengguna
    1. Pemberi Pinjaman wajib menyalurkan dana yang akan dipinjamkan sesuai ketentuan didalam Perjanjian Kredit dan Layanan KFUND.
    2. Anda selaku pengguna wajib memberikan informasi secara lengkap, benar dan akurat.
    3. Penerima Pinjaman wajib memberikan informasi sebenarnya mengenai tujuan Penerima Pinjaman.
    4. Pemberi Pinjaman wajib melakukan penelaahan, pemeriksaan dan penelitian atas informasi yang diberikan oleh Penerima Pinjaman mengenai tujuan penggunaan pinjaman sebelum menentukan dan menyetujui pemberian pinjaman.
    5. Seluruh ketentuan yang diatur dalam Perjanjian Kredit dan perikatan lainnya yang mengikuti akan mengikat Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman sampai dengan pinjaman / kredit dibayarkan secara penuh Pinjmaan oleh Penerima Pinjaman.
    6. Anda selaku Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman sepakat untuk tunduk pada ketentuan baru apabila ketentuan yang sebelumnya diatur tersebut dikemudian hari bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.
    7. Pemberi Pinjaman akan menanggung seluruh risiko atas pemberian pinjaman kepada Penerima Pinjaman termasuk keterlambatan pembayaran atau tidak terbayarkannya pinjaman oleh Penerima Pinjaman.
    8. Anda selaku pengguna wajib menyimpan dan merahasiakan username, sandi/password atau data informasi pribadi lainnya yang digunakan untuk mengakses Layanan KFUND. Kelalaian terhadap penyimpanan dan kerahasiaan hal tersebut menjadi tanggung jawab pengguna sepenuhnya.
    9. Pemberi pinjaman hanya dapat mengubah rekening bank Pemberi Pinjaman berdasarkan pemberitahuan tertulis sebelumnya kepada KFUND dan perubahan tersebut hanya berlaku setelah disetujui secara tertulis oleh KFUND.
    10. Jumlah fasilitas kredit/pinjaman yang telah ditransfer ke akun KFUND tidak akan ditarik oleh Pemberi Pinjaman, kecuali Pemberi Pinjaman mengajukan permintaan tertulis kepada KFUND melalui Layanan KFUND bahwa Pemberi Pinjaman bermaksud untuk menghentikan pendanaan untuk kredit/ pinjaman melalui Layanan KFUND.
    11. Penarikan dana fasilitas kredit/ pinjaman kepada Pemberi Pinjaman dapat dilakukan berdasarkan permintaan tertulis dari Pemberi Pinjaman (sebagaimana diatur dalam poin di atas).
    12. Penerima Pinjaman memiliki hak untuk mendapatkan informasi mengenai status Pinjaman yang akan diterima.
    13. Penerima Pinjaman diwajibkan untuk tidak memberikan konten yang (i) mengandung materi yang mencemarkan nama baik KFUND maupun pihak ketiga; (ii) mengandung materi asusila, menghina, membenci, menghasut atau yang mengandung unsur SARA; (iii) mempromosikan materi seksual secara eksplisit; (iv)melanggar hak atas kekayaan intelektual, termasuk namun tidak terbatas pada hak cipta, atau hak merek dagang dari KFUND maupun pihak ketiga; (v) memiliki kecenderungan untuk menipu orang lain; dan (vi) mengancam, menyalahgunakan, melanggar privasi orang lain, atau menyebabkan gangguan, ketidaknyamanan atau kecemasan yang tak berguna.
    14. Pengguna dengan ini mengakui dan menyetujui semua syarat dan ketentuan Layanan KFUND (termasuk tetapi tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan KFUND ini dan Perjanjian), dan semua konsekuensinya, termasuk semua bentuk yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan ini dianggap sepenuhnya diakui, dipahami dan dikenal.
    15. Pengguna dengan ini mengakui dan menyetujui bahwa untuk semua pinjaman dengan keterlambatan lebih dari 90 hari, Pemberi Pinjaman setuju untuk mengotorisasi koleksi Pihak Ketiga yang bekerja sama dengan KFUND. Jika pembayaran dari Perusahaan Asuransi untuk Pemberi Pinjaman telah dilakukan, maka klaim tersebut akan ditransfer ke Perusahaan Asuransi.
    16. Anda selaku Pengguna setuju untuk membebaskan KFUND dari semua klaim dan ganti rugi dan KFUND dapat (tetapi tidak wajib) untuk memberi pemberitahuan kepada Pengguna, Penerima Pinjaman dan / atau Pemberi Pinjaman potensial tentang penolakan, penundaan, atau pembatalan kecuali dinyatakan sebaliknya oleh hukum dan peraturan yang berlaku.
    17. Pengguna dengan ini setuju bahwa KFUND dapat memberikan edukasi dan informasi mengenai layanan atau fitur terbaru melalui situs web www.kfund.id, SMS, media sosial, email atau dengan cara / fasilitas lain apa pun yang ditentukan oleh KFUND.
    18. Anda selaku Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum memutuskan untuk menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga dan biaya lainnya sesuai dengan kapasitasnya untuk membayar kembali pinjaman dan Pemberi Pinjaman yang tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman yang cukup dalam pinjaman, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  5. Lain-Lain
    1. Jika terjadi perbedaan data antara KFUND dan Pengguna, data milik KFUND yang diakui. Kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.
    2. Setiap perselisihan terkait dengan Syarat dan Ketentuan KFUND, sejauh mungkin akan diselesaikan secara damai dengan cara musyawarah untuk mencapai kesepakatan antara para pihak.
    3. Jika perselisihan tidak dapat diselesaikan secara damai dalam waktu 40 (empat puluh) hari kalender sejak pemberitahuan dari satu pihak ke pihak lain mengenai Perselisihan tersebut, Perselisihan tersebut akan diselesaikan dan diselesaikan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) di Jakarta, yang terletak di Wahana Graha Lt. 1 & 2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, RT.4 / RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760, berdasarkan aturan dan prosedur BANI, oleh panel arbitrase, terdiri dari 3 (tiga) arbiter. Para pihak sepakat bahwa putusan yang dibuat oleh arbiter akan bersifat final, mengikat dan tidak dapat disangkal atas perselisihan yang diajukan kepada panel arbitrase tersebut, dan para pihak sepakat untuk melakukan tindakan apa pun yang diperlukan untuk memastikan penegakan putusan tersebut. Para pihak melepaskan haknya untuk memulai atau melakukan tindakan apa pun di pengadilan mana pun sehubungan dengan perselisihan yang timbul dari atau terkait dengan perjanjian ini, kecuali untuk tujuan pelaksanaan keputusan / perintah pengadilan untuk mendukung proses arbitrase atau penegakan putusan arbitrase berdasarkan ketentuan ini.
    4. Setiap kelalaian atau keterlambatan oleh pihak untuk melakukan hak, kekuasaan atau tindakan hukum apa pun berdasarkan Syarat dan Ketentuan KFUND ini tidak akan berfungsi sebagai pengabaian atau pelepasan hak, kekuasaan atau tindakan hukum tersebut, dan kinerja penuh atau sebagian hak-hak tertentu, kekuasaan atau tindakan hukum tidak akan menghapuskan kinerja lebih lanjut dari hak, kekuasaan, atau tindakan hukum tersebut, atau melepaskan kinerja dari hak, kekuasaan, atau tindakan hukum lainnya.
    5. Dalam terjadinya Force Majeure (Force Majeure berarti suatu peristiwa atau kejadian atau keadaan di luar kendali wajar suatu Pihak yang mempengaruhi masyarakat di negara atau wilayah pihak yang terkena dampak, mengakibatkan pihak tersebut tidak dapat memenuhi atau melakukan kewajiban dalam suatu tepat waktu berdasarkan ketentuan Layanan KFUND dan perjanjian apa pun yang terkait dengan Layanan KFUND). Peristiwa atau keadaan tersebut termasuk aksi industri atau perselisihan perburuhan, pemogokan buruh, kerusuhan sipil, perang atau ancaman perang, tindakan kriminal atau teroris, tindakan atau peraturan pemerintah, telekomunikasi atau kegagalan utilitas, pemadaman listrik, kebakaran, ledakan, bencana fisik alam, epidemi dan pembatasan karantina), semua ketentuan, hak, dan kewajiban dalam Layanan KFUND dapat diakhiri dan masing-masing Pihak akan dibebaskan dari tanggung jawab apa pun. Pembebasan tanggung jawab tersebut akan terus berlaku selama peristiwa Force Majeure masih terjadi, dan para pihak telah menggunakan sarana dan upaya yang wajar untuk mengurangi peristiwa yang dianggap sebagai Force Majeure. Dalam hal acara Force Majeure berlanjut selama lebih dari 30 hari, para pihak harus, dengan itikad baik, membahas amandemen Syarat dan Ketentuan KFUND dan dokumen terkait dengan Layanan KFUND untuk mengurangi segala penangguhan atau keterlambatan dalam pelaksanaan hak-hak dan kewajiban yang ditimbulkan oleh Force Majeure.
    6. KFUND menyediakan fasilitas layanan pelanggan untuk pengguna dalam bentuk Dukungan Pelanggan yang dapat diakses dengan cara berikut:
      via e-mail ke cs@kfund.id;
      melalui telepon ke 021-50218998, tersedia pada hari Senin hingga Jumat (09.00 - 17.00 WIB).