FAQ

Frequently Asked Questions


Ada pertanyaan ? Kami punya Jawaban.

Peer to Peer lending (P2P) adalah platform pinjam-meminjam uang secara online yang menghubungkan Peminjam dan Pendana. Melalui platform online transparansi dan keterbukaan informasi dapat membuat akses terhadap permodalan menjadi lebih mudah dengan waktu akses 24 Jam Sehari.
Pertama, Sebagai platform P2P Lending, KFund telah resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai Peraturan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi (peer-to-peer lending).
Kedua, berinvestasi melalui KFund berarti ikut serta berkontribusi untuk menciptakan perubahan perekonomian masyarakat dengan cara meminjamkan modal usaha bagi pengusaha Mikro, pengusaha kecil agar bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik untuk kesejahteraan yang lebih baik
Ketiga, penyaluran dana dari Pendana kepada Peminjam dilakukan dengan menggunakan credit scoring dan mitigasi risiko yang baik untuk menyaring calon peminjam yang layak didanai. Tim Lending kami, memiliki pengalaman yang cukup lama ( 3 sd 17 Tahun) di Perbankan, IT, Finance terutama di Segment Kredit Mikro dan kredit untuk Karyawan, baik di Bank BUMN dan Bank Swasta
Keempat, nilai investasi di KFUND sangat terjangkau, dengan minimum Rp 1.000.000 (Satu Juta Rupiah) saja. Hal ini membuat para calon Pendana potensial dari berbagai kalangan dapat berinvestasi secara mudah, praktis, dan aman melalui platform kami.
Kelima, investor/Pendana akan memperoleh imbal hasil lebih tinggi dari Angsuran yang disetorkan oleh Peminjam, dibandingkan rata-rata dari instrumen investasi konvensional seperti deposito maupun tabungan di bank.
Keenam, Bunga yang kami kenakan kepada borrower sangat kompetitif untuk kategori Pinjaman Berbasis Teknologi Online.
Ketujuh, Keputusan Pinjaman yang kami setujui/tolak juga dipengaruhi oleh tujuan Peminjam akan kebutuhan dana tersebut
Limit Kredit yang kami tawarkan adalah Rp 1 Juta sd Rp 25 Juta. Jangka Waktu Pinjaman kami adalah bulanan (bukan harian) dengan Jangka Waktu 1 bulan sd 3 bulan, dan 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, 18 bulan & 24 bulan
  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki E – KTP dan untuk saat ini kami memprioritaskan bagi WNI yang berdomisili di Jabodetabek
  2. Usia minimal 21 Tahun, atau 18 Tahun bagi yang sudah menikah, sedangkan usia maksimal pada saat pinjaman Lunas adalah 60 Tahun untuk Pinjaman Usaha, dan 56 tahun untuk pinjaman Non Usaha
  3. Bagi Pinjaman Usaha, usaha sudah berjalan minimal 6 bulan di lokasi yang sama dan jenis usaha yang sama
  4. Bagi calon peminjam dengan latar belakang Karyawan, sudah menjadi Karyawan minimal 24 bulan di instansi / di perusahaan tempat bekerja saat ini. Dimana system penggajian melalui Payrol Bank atau transfer kedalam rekening Bank.
  1. Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  2. Usia minimal 21 Tahun, atau 18 Tahun bagi yang sudah menikah
  3. Memiliki Rekening Tabungan di Bank BUMN, BUMD dan Bank Swasta berskala Nasional
Berikut adalah prosedur mengajukan pinjaman:
  1. Pastikan Anda memenuhi syarat pengajuan pinjaman.
  2. Pastikan Anda membaca seluruh ketentuan dan syarat yang berlaku.
  3. Isi data lengkap Anda pada form online sesuai dengan petunjuk. Mohon diisi dengan data yang sesuai dan benar karena hal ini sangat berpengaruh dengan jumlah Scoring Anda di System kami.
  4. pihak Kfund akan melakukan verifikasi melalui telepon terhadap data-data yang diberikan.
  5. Anda akan menerima sms dan email notifikasi atas status pengajuan pinjaman Anda bahwa pengajuan Anda disetujui atau ditolak
  6. Jika pengajuan pinjaman Anda disetujui oleh pihak verifikasi, Anda akan menerima notifikasi dan harus melaksanakan Perjanjian Kredit secara online
  7. Apabila Anda telah menyetujuii perjanjian pinjaman (Kredit), dana pinjaman Anda akan segera kami transfer paling lambat dalam 2 Hari Kerja
  8. Perlu diingat bahwa kecepatan pencairan tergantung pada kecepatan Anda dalam menyetuju Perjanjian Pinjaman
Skor kredit adalah teknologi yang dibangun KFUND untuk menyeleksi calon peminjam. Bagi calon peminjam yang kami rekomendasikan untuk Anda danai, akan kami kategorikan dalam dua kategori Grade yaitu Grade A1 (Resiko Rendah) dan Grade A2 (Resiko yang lebih tinggi dari Grade A1). Kami menerapkan imbal hasil sesuai tingkat risiko Dimana imbal hasil yang diterima investor (lender) juga dipengaruhi skor kredit dari peminjam (borrower) yang dibiayai. Dengan demikian, sejalan dengan tingkat resiko diatas maka imbal hasil yang diterima Pendana untuk calon Peminjam dengan kategori Grade A2 juga akan lebih besar dari calon Peminjam kategori A1

Inilah wujud keterbukaan informasi dari kami untuk membantu para para investor dalam menentukan pilihan investasi dengan tingkat risiko dan imbal hasil yang sesuai dengan preferensi masing-masing Investor
Ya, Anda Sebagai Peminjam atau Pendana akan dikenakan biaya Jasa Layanan kami, biaya ini hanya anda bayarkan satu kali saja didepan, sebelum pencairan pinjaman. Besaran biaya tersebut sesuai dengan ketentuan yang sedang berlaku di KFUND. Secara umum Besaran Biaya Layanan yang dikenakan kepada Pendana, Jauh lebih kecil daripada yang dibebankan kepada Peminjam dari Biaya Layanan Jasa yang dibebankan ke Peminjam). Hal ini karena Resiko yang ditanggung oleh Pendana.
Kami sangat mengapresiasi Peminjam yang melakukan pelunasan lebih awal (pelunasan dipercepat). Untuk Pelunasan dipercepat tidak dikenakan biaya penalty, hanya mewajibkan Anda untuk tetap membayarkan imbal jasa pada bulan berjalan saja. Hal Ini merupakan wujud komitmen Anda dan kami kepada Pendana (Lender)

Proses pengembalian kepada para pendana akan kami lakukan secara bertahap selambat-lambatnya dalam 2 (dua) hari kerja
Kami sangat mengapresiasi Peminjam yang selalu Disiplin membayar Angsurannya tepat waktu dan tepat jumlah setiap bulannya sampai dengan lunas. Insentif yang kami berikan adalah berupa Cash Back 50%* dari Biaya Jasa Layanan yang Peminjam Bayarkan pada Awal Pinjaman Dicairkan, dengan Syarat sb:
  1. Jangka waktu pinjaman minimal 6 bulan sd 24 bulan
  2. Tidak pernah menunggak sama sekali, walaupun hanya telat 1 hari dari tanggal jatuh tempo Angsuran / jatuh tempo pinjaman.
  3. Jumlah Angsuran yang disetorkan minimal sesuai dengan jumlah Angsuran bulanan, tidak boleh kurang Rp 1 (satu Rupiah) pun / termasuk kategori kurang bayar.
  4. Tidak berlaku bagi Pelunasan Dipercepat
Bagi Anda penerima Insentif Cash Back, akan kami setorkan ke Rekening Anda paling lambat 5 Hari Kerja setelah Pinjaman Anda Lunas Normal (Sesuai Tanggal Jatuh Tempo Pelunasan Pinjaman)
*Untuk Borrower Terpilih.
Kondisi tersebut merupakan bagian dari resiko pendanaan yang pasti akan kami dan Anda hadapi. Sebelum menyetujui seorang UMKM menjadi Penerima Pembiayaan, kami terlebih dahulu memastikan “kelayakan” berdasarkan system skoring, Verifikasi dan mitigasi resiko yang kami anggap perlu, sehingga meminimalkan resiko terlambat dalam mengembalikan dana pembiayaan.

Kami akan berupaya menagih kepada peminjam yang terlambat membayar Angsuran memalui tim desk Collector kami. Apablla dirasakan perlu menggunakan Jasa Penagihan Lapangan (Field Collector), maka Biaya Jasa Penagihan ini akan diambil dari sebagian dari nilai yang berhasil ditagihkan.
  1. Kami Berkolaborasi dengan Perusahaan Asuransi Insurtech yang direferensikan oleh AFPI untuk memfasilitasi Asuransi Jiwa dan Asuransi Pinjaman kepada Peminjam (Borrower)
  2. Premi yang dibayarkan termasuk dalam bagian Biaya Administrasi Asuransi yang dibayarkan oleh Pendana (Lender). Asuransi ini kami wajibkan untuk Produk Dana Cepat dan Dana Langganan
Kami memiliki skema alokasi penjaminan resiko melalui Mitra Perusahaan Asuransi yang dipakai apabila kegagalan pembayaran sesuai dengan syarat-syarat kebijakan perusahaan dan pihak Asuransi Rekanan perusahaan kami. Asuransi seperti Penerima Pembiayaan meninggal dunia atau usahanya gagal akibat adanya hal-hal yang termasuk dalam kondisi force Majeure, seperti bencana alam, dan lain-lain sesuai ketentuan yang disepakati sebelum pencairan pinjaman.

Besaran nilai pertanggungan mengikuti ketentuan dari pihak Asuransi, yang akan diinformasikan kepada Pendana (Lender) sebelum proses pencairan pinjaman
Pendana dan penerima pembiayaan memiliki perjanjian dengan Perseroan secara elektronik yang mengikat secara hukum, dimana KFund juga termasuk dalam perjanjian tersebut sebagai Perantara. Perjanjian tersebut akan Anda baca dan pelajari ketika mendaftar sebagai pengguna dan mulai melakukan pembiayaan atau untuk mengajukan pinjaman
Pada dasarnya FAQ diatas adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon customer Fintech P2P Lending, namun kami sangat terbuka untuk membantu Anda customer / calon customer kami untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan terkait dengan layanan kami. Silahkan hubungi Customer Service kami melalui nomor Telepon (021)-293278996 (dengan Jam Layanan Pukul 09:00 WIB sd Pukul 17:00 WIB Hari Kerja).
KFUND saat ini memiliki 3 produk yaitu Dana Cepat, Dana Talangan dan Dana Langganan.
KFUND saat ini menyediakan 2 kategori, yaitu kategori karyawan dan kategori Mikro UMKM
Tidak, Produk Dana Langganan dapat di ajukan jika sudah pernah melakukan pinjaman di KFUND
Tidak, Anda hanya bisa mengajukan pinjaman 1 kali. Anda dapat mengajukan pinjaman baru lagi jika pinjaman sebelumnya sudah lunas.
Silakan hubungi kami via telepon di (021)-293278996 atau kirim email ke cs@kfund.id atau menghubungi kantor perwakilan cabang terdekat dengan wilayah Anda.
KFUND Wajib menyimpan dokumen terkait Customer Identification Documentation (CID) paling singkat 5 tahun atau Anda juga dapat meminta bantuan tim customer support kami untuk menghapus data Anda sesuai dengan aturan perundang-undangan.
Status Aplikasi terdiri dari 'Menunggu Verifikasi', 'Sedang Berjalan', dan 'Lunas'.
Dana Tertunda adalah Dana yang belum diproses oleh tim KFUND.
...